Komplikasi Dan Pengobatan Demam Kelenjar

Komplikasi Dan Pengobatan Demam KelenjarSering menggunakan barang pribadi secara bersamaan? bagi anda yang suka memakainya harus lebih waspada karena bisa saja hal itu akan menyebabkan berbagai penyakit seperti demam kelenjar.

Demam kelenjar merupakan infeksi yang dapat ditularkan melalui kontak langsung melalui air liur atau melalui perantara barang yang sudah terpapar infeksi virus dari penderita seperti alat mandi atau alat makan. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, namun kebanyakan kasus umumnya terjadi pada remaja.

Demam kelenjar merupakan penyakit yang dapat pulih dengan sendirinya, meski begitu ada baiknya anda melakukan perawatan dan pengobatan demam kelenjar untuk mencegah kondisi yang lebih parah dan mencegah terjadinya komplikasi yang akan berbahaya. Berikut adalah beberapa komplikasi yang diakibatkan oleh demam kelenjar :

  1. Sindrom kelelahan kronis.
    Kelelahan kronis merupakan suatu kondisi yang membuat orang akan cepat merasa lelah dalam sepanjang waktu dengan gejala nyeri otot, sulit berkonsentrasi yang berlangsung setidaknya selama 6 bulan.
  2. Limpa pecah.
    Limpa mempunyai fungsi yaitu untuk menyaring dan menghancurkan sel darah yang rusak. Jika terjadi pembengkakan pada limpa hal ini akan berpengaruh pada kerja limpa dan lama kelamaan akan membesar. Limpa yang mengalami pembengkakan akan beresiko menyebabkan limpa pecah dan terjadi perdarahan internal yang fatal.
  3. Penurunan sel darah merah.
    Akibat dari penurunan sel darah merah hal ini akan mengakibatkan berbagai penyakit seperti anemia dan neutropenia.
  4. Infeksi sekunder.
    Infeksi sekunder merupakan adanya suatu proses infeksi baru yang muncul setelah sebelumnya terdapat infeksi yang lain. Akibat dari infeksi demam kelenjar akan melemahkan imunitas tubuh yang akan memungkinkan bakteri masuk seperti pneumonia.

Untuk mencegah terjadinya kondisi yang lebih serius penderita dianjurkan untuk melakukan penanganan dan pengobatan yang bertujuan mengendalikan gejala yang dideritanya. Berikut adalah beberapa cara sederhana yang bisa anda lakukan :

  1. Istirahat yang cukup.
    Untuk memulihkan kondisi penderita sebaiknya hindari kegiatan atau olahraga yang mengeluarkan tenaga fisik yang sangat berat untuk mengembalikan limpa agar kembali normal.
  2. Banyak asupan cairan.
    Untuk menghindari dehidrasi sebaiknya penderita diberikan banyak minum air putih atau jus buah tanpa gula. Selain itu penderita juga sebaiknya menghindari minuman beralkohol karena akan mengganggu kondisi hati yang melemah.
  3. Mencegah penyebaran infeksi.
    Untuk mencegah terjadinya penyebaran infeksi sebaiknya penderita menggunakan masker, menghindari penggunaan barang secara bergantian, dan menghindari berciuman dengan orang lain.

Demikian penjelasan tentang komplikasi dan pengobatan demam kelenjar semoga bermanfaat dan terimakasih telah menyimak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s