Pembengkakan Kelenjar Getah Bening Pada Anak

Kelenjar Getah Bening Pada AnakPembengkakan kelenjar getah bening biasanya sering terjadi pada orang dewasa, namun bagaimana jika pembengkakan terjadi pada anak? apa saja penyebab dan cara mengatasinya? untuk lebih jelas, mari kita simak ulasannya dibawah ini.

Pernahkah anak anda mengalami pembengkakan kelenjar getah bening? sebagai orangtua tentunya kita akan mengalami kepanikan jika anak anda mengalami pembengkakan kelenjar getah bening bisa saja hal itu merupakan tanda adanya infeksi. Kelenjar getah bening merupakan sistem pertahanan tubuh yang berperan penting dalam perlawanan terhadap infeksi atau radang.

Pembengkakan Kelenjar Getah Bening Pada Anak

Penyebab pembengkakan kelenjar getah bening pada anak.

Ketika tubuh sedang melawan infeksi maka akan menyebabkan produksi limfosit meningkat dan akhirnya menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening yang umumnya dapat terjadi pada bagian ketiak, leher, atau pada bagian belakang telinga. Kelenjar yang mengalami pembengkakan biasanya akan mengalami nyeri pada saat digerakan.

Adapun beberapa penyakit yang dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening pada anak yaitu flu, tumbuh gigi, infeksi telinga, infeksi kulit, radang tenggorokan dan sinusitis. Selain dapat disebabkan oleh penyakit pembengkakan juga bisa disebabkan oleh obat seperti obat kejang, dan obat antimalaria.

Anak yang mengalami pembengkakan kelenjar getah bening biasanya akan merasakan demam,  selain demam anak akan mengalami tidak nafsu makan, nyeri otot, lemas, mual, muntah, pusing, batuk – batuk, bersin – bersin.

Penanganan pembengkakan kelenjar getah bening pada anak.

Meski pembengkakan kelenjar getah bening dapat sembuh dengan sendirinya namun anda juga perlu melakukan pengobatan demam kelenjar supaya tidak menimbulkan masalah penyakit yang lebih serius seperti kanker atau tumor.

Untuk penanganan pembengkakan kelenjar getah bening anda juga bisa melakukannya dirumah seperti memberikan makanan yang sehat dan bergizi, minum air putih yang banyak untuk mencegah terjadinya dehidrasi, dan istirahat yang cukup.

Untuk mencegah terjadinya pembengkakan kelenjar gerah bening pada anak sebaiknya anda memberikan vaksinasi sesuai jadwal dan menghindari anak dari lingkungan yang terjangkit suatu penyakit.

Demikian penjelasan tentang pembengkakan kelenjar getah bening pada anak semoga bermanfaat dan terimakasih telah menyimak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s